Perbedaan Bandwidth Up To dan Dedicated. Sering kita mendengar istilah Bandwidth up to nya Speedy atau Dedicated nya provider lain yang konon mencapai harga jutaaan rupiah perbulan.
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bandwidth Speedy misalnya 1 MB itu adalah b/w up to yang artinya speed asimetris dgn perbandingan 1:4 ato 1:8, artinya speed upload-nya adalah 1/4 ato 1/8 dari speed download. Hal ini sangat berbeda dengan b/w dedicated dimana speed upload sama besarnya dengan download selain itu speed sangat stabil sesuai kontrak.Dalam layanan dedicated, kecepatan koneksi yang diberikan oleh ISP lebih terjamin yaitu sesuai dengan kontrak. Jika anda membeli kecepatan koneksi tertentu, misalnya 1 mbps, untuk dipakai sendirian maka anda dijamin (secara relatif) mendapatkan kecepatan sebesar itu. Penggunaan secara sendirian disebut CIR (Committed Information Rate) 1:1.

– Paket Dedicated rasio 1:1,

Misal pelanggan berlangganan internet dedicated 512kbps 1:1, maka Bandwidth 512 kbps menjadi hak penuh satu pelanggan dan tidak dibagi dengan pelanggan lain ,semua bandwidth yang diberikan full buat satu pelanggan dengan koneksi yang sangat stabil.

– Paket Dedicated rasio 1:2,

misal pelanggan berlangganan internet dedicated 512 kbps 1:2, maka bandwidth 512 kbps dipakai secara bersamaan untuk dua pelanggan. dua pelanggan bersaing dalam menggunakan bandwidth 512 kbps. Semakin besar pembaginya semakin menurun bandwidth yang diperoleh, namun semakin murah harganya.

– Paket Burstable atau Up to,

sejumlah bandwith dengan ukuran tertentu dibagi pakai untuk banyak pelanggan. Misal paket Up to 1 Mbps. Satu pelanggan bisa memperoleh bandwidth sampai satu mega bit per second, tetapi biasanya tidak ada garansi minimal bandwidth yang diperoleh. Contoh paket ini adalah telkom speedy. Jadi jangan berharap terlalu banyak memperoleh nilai ukur yang sebesar maksimal yang diberikan. Kalau bisa sampai maksimal keuntungan bagi anda. Dengan lebih sering mengukur kecepatan akses internet paket ini dapat memberikan gambaran rata-rata kecepatan yang diperoleh.

Setelah beberapa hal diatas kita mengerti dan fahami saatnya mengukur kecepatan internet. Seberapa jauh kecepatan akses internet antara harapan dan kenyataan dapat dimengerti. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, masing-masing cara memiliki kekurangan dan kelebihan. Menurut saya pakailah beberapa cara dan lakukan dalam beberapa kali pengukuran. Kesimpulan bisa diambil jika sudah dilakukan pengukuran beberapa kali.

Advertisements